Total Tayangan Halaman

Senin, 03 Januari 2011

Refleksi Diri dalam Mata Kuliah Teori Belajar dan Pembelajaran


kali ini saya akan mempostingtentang tugas UAS saya tentang refleksi diri selama saya mengikuti mata kuliah Teori Belajar dan Pembelajaran. semoga postingan kali ini bisa membantu anda untuk lebih memahami apa manfaat dari pembelajaran mata kuliah ini..
 
Tugas Refleksi diri Teori Belajar dan Pembelajaran

1.      Apa manfaat belajar Teori Belajar dan Pembelajaran ?
Setelah saya mengikuti mata kuliah Teori Belajar dan Pembelajaran (TBP), saya menyadari bahwa untuk membelajari seorang siswa atau mendidik seorang anak didik itu  ternyata tidak asal-asalan dan tidak mudah, melainkan kita harus mengetahui keadaan psikologi anak agar bisa memberikan metode pembelajaran yang tepat. Dan dengan belajar Teori Belajar dan Pembelajaran ini Allhamdulillah sedikit demi sedikit saya jadi mengerti untuk mendidik anak murid itu harus menggunakan metode pembelajaran yang sesuai dengan karakter tiap-tiap anak, karena tiap anak memiliki potensi, karakter dan kebutuhan yang berbeda dalam belajar. Dan sebagai calon guru kita harus mengetahui itu. Selain itu, saya jadi mengerti bahwa proses perubahan anak itu harus dilihat dari beberapa aspek, seperti dalam aspek kognitifisti, aspek afektif dan aspek psikomotorik. Agar kita mengetahui perubahan yang di alami oleh tiap-tiap anak didik. Mengetahui cara mengatasi masalah yang di alami oleh anak didik , misalnya kurang adanya motivasi dan masalah lainnya. Selain itu saya juga jadi mengerti bahwa dalam pembelajaran di butuhkan sebuah perencanaan untuk mencapai tujuan pendidikan, seperti pembuatan kurikulum,pembuatan silabus dan tentunya RPP (Rencana Pelaksanaa Pembelajaran).

2.      Apa yang dipelajari dalam Teori Belajar dan Pembelajaran ?
·           Proses Pembelajaran yang benar, seperti megidentifikasi kebutuhan anak didik, mengetahui karakteristik tiap-tiap anak didik sehingga bisa menangani anak didik dengan metode pembelajaran yang tepat.



·           Teori-teori pembelajaran dan penerapannya seperti :
Ø  Teori Behavioristik, merupakan teori pembelajaran yang menyebabkan perubahan tingkah laku anak akibat interaksi dengan stimulus. Penerapannya pada anak yang memiliki karakteristik pasif, jadi disini mereka butuh stimulus untuk berubah.
Ø  Teori Kognitivistik, yaitu murid tidak hanya mengandalkan pada stimulus dari orang lain melainkan mereka lebih melibaatkan proses berfikir mereka sendiri. Penerapannya sangat cocok bagi anak yang aktif.
Ø  Teori Humanistik, hampir sama dengan teori kognitif namun lebih menekankan aspek hubungan antar manusia.
Ø  Teori Konstruktivistik, yaitu anak didik membangun pengetahuannya sendiri, disini guru berperan sebagai fasilitator.
·           Upaya memotivasi anak murid
Diaman motivasi terbagi menjadi 2 yaitu motivasi intrinsik dan ekstrinsik
·           Perencanaan Pembelajaran, yaitu kita membuat kurkulum sebagai alat pencapai tujuan pendidikan yang diinginkan.
·           Mengetahui macam-macam suber belajar dan media belajar.
·           Pengukuran,penilaian dan evaluasi belajar setelah usai mengikuti kegiatan belajar.
·           Pembuatan silabus dan RPP

3.      Apa manfaat belajar Teori Belajar dan pembelajaran bagi pembelajar disekolah ?
Dengan belajar TBP si pembelajar jadi sudah memiliki bekal dan mengetahui dasar-dasar serta teknik-teknik mengajar yang benar, sehingga saat menghadapi anak murid pembelajar sudah tahu apa yang harus dilakukan. Kemudian pembelajar juga jauh lebih siap karena sudah mendapat bekal tentang metode pembelajarn,perencanaan pembelajaran, yang akan diterapkan dalam sekolah. Dalam pembuatan silabus dan RPP pembelajar juga sudah tidak terlalu kesulitan untuk membuatnya karena saat belajar TBP diajarkan langkah-langkah dalam pembuatan silabus dan RPP.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar